Senin, 01 Oktober 2012

Mengenal Trigonell Fructus sebagai Tanaman Obat


Fenugreek, mungkin kita belum begitu familiar dengan tanaman atau obat herbal yang satu ini. Fenugreek biasa dikenal sebagai hulba, hilba atau bahasa latinnya adalah Trigonella Fructus. Tanaman obat ini merupakan salah satu tanaman obat atau ramuan herbal yang dianggap sebagai tanaman yang memiliki fungsi penyembuhan dan afrodisiak. Tanaman hulba merupakan tanaman yang mudah tumbuh dimana saja meskipun ditanam di tanah yang kering. Tanaman fenugreek banyak ditemukan di daerah Mediterania, dan sejak lama telah  di budidayakan di Cina, India, maroko dan Turki untuk keperluan pengobatan dan makanan sebagai bumbu masakan.
Dan Alhamdulillah kita sebagai umat Islam telah lama menggunakan obat herbal Trigonella Fructus sebagai obat, kita dapat menemukannya dalam beberapa hadist yang telah di sampaikan beliau. Rosululloh bersabda " Sekiranya umatku tahu akan kelebihan Halba nescaya mereka sanggup tukarkannya dengan sebanyak timbangan emas " dan juga dalam satu HadistPada suatu hari Rasulullah menziarahi sahabat Saad bin Abi Waqqas yang sedang sakit. Rasulullah menyuruh dipanggil tabib. Al Harith Ibn Qaldah datang merawat Saad bin Abu Waqqas. Beliau menganjurkan agar Saad makan Halba dan Korma Ajwa'. Dengan izin Allah Saad pun sembuh dari sakitnya. Rasulullah saw kemudiannya bersabda : " Gunakanlah Hulba sebagai ubat" Tanaman obat hulba ini dapat juga disebut sebagai Thibbun Nabawi atau pengobatan cara nabi.

Sejarah telah menggambarkan mengenai tanaman obat ini, tanaman Trigonella fructus telah lama dikenal banyak digunakan sebagai obat dan sebagi supplemen untuk menjaga kesehatan dan juga ketahana tubuh. Beberapa bukti yang ditemukan menunjukkan bahwa orang Mesir kuno menggunakan ramuan ini tidak hanya sebagai obat dan makanan tapi juga untuk digunakan dalam proses pembalseman atau pengawetan mayat yang lebih dikenal sebagai mumi. Selain itu juga orang Yunani kuno, bangsa Romawi juga banyak mengunakan tanaman obat fenugreek. Selain itu juga bangsa Chinabanayak meresepkan tanamn ini sebagai supplemen tubuh. InsyaAllah masih banyak lagi manfaat dan kegunaan dari tanaman fenugreek akan di bahas dalam blog yang sederhana ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar