Rabu, 03 Oktober 2012

Mengenal Lebih Dekat dengan Trigonella Fructus


Setelah mengetahui fungsi dari Trigonella Fructus sekarang kami akan membahas mengenai seluk beluk tanaman tersebut. Akan kita bahas mengenai nama lain dari tanaman ini, seperti apa seh tanamannya dan juga mengandung bahan kimia apa saja di dalamnya. Mudah mudahan dengan mengenal lebih dekat akan menambah wawasan tentang tanaman obat yang dikenal juga sebagai hulbah. Sehingga kita tidak akan ragu dan cemas apabila kita akan menggunakan dan memakan tanaman obat tersebut. Benar kata pepatah tak kenal maka tank sayang dengan kenal bisa jadi kita akan lebih tertarik untuk mengkonsumsinya sehingga bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan kita.
Tumbuhan Trigonell Fructus dikenal juga sebagai klabet di berbagai Negara tumbuhan ini dapt dikenali sebagai hulbah atau hilbeh di Arab, di Italia Fieno Greco dan masih banyak lagi nama lain dari tumbuhan atau tanaman obat ini. Tumbuhan ini termasuk dalam familia Trigonella Foenoem-graneum L atau juga termasuk dalam Papilionaceae (Leguminoceae) Tumbuh subur sepanjang tahunan, mempunyai ciri fisik tumbuh tegak dengan tinggi 30 cm sampai 60 cm. Memiliki daun berbentuk bundar telur terbalik sampai bentuk baji. Mempunyai bunga tunggal atau sepasang, keluar di ketiak daun, mahkota berwarna kuning terang. Buah polong gundul, memanjang atau berbentuk lanset. Buah berisi 10 sampai 20 biji. Biasa dikenal dalam dunia pengobatan dengan nama simplisia Foenigraeci Semen atau juga dikenal dengan nama Biji Klabet.

Ketika kita mengkonsumsi tanaman obat Trigonell Fructus akan berasa pahit dan menghangatkan karena merupakan sifat khas yang melekat pada tanaman obat ini. Tanaman ini juga mempunyai khasiat laksatif, ekspetoran dan juga oroxigenik. Wah apa sih fungsi dan kegunan hulba ini membuat kita penasaran khan. Selain ketiga khasiat tersebut masih banyak lagi khasiat yang lain yang terdapat pada tanaman obat hilba. Untuk lebih detail dan jelas mengenai khasiat dan juga kandungan bahan kimia alami di dalam tanaman obat hulba akan lebih detail dan jelas di bahas pada artikel yang akan datang. Jadi sempatkan selalu untuk mampir di blog ini yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar